kabarlaut.id
“Menjelang libur Lebaran 1446 H, PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM), sebagai bagian dari Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero), siap mengantisipasi lonjakan arus penumpang dan barang. Perusahaan yang berfokus pada layanan marine, equipment, port services, dredging, dan galangan ini memainkan peran penting dalam kelancaran operasional kapal di pelabuhan, mengingat volume pergerakan yang diprediksi akan meningkat pesat.”
Tahun ini, Badan Kebijakan Transportasi (BKT) telah merilis survei yang memperkirakan sebanyak 146,48 juta jiwa, atau lebih dari 52 persen dari total penduduk Indonesia, akan melakukan perjalanan selama libur Lebaran 2025. Angka ini juga berbanding lurus dengan lonjakan kunjungan kapal yang akan meramaikan pelabuhan-pelabuhan di seluruh Indonesia. Untuk memastikan kelancaran kegiatan kapal, SPJM sudah menyiagakan armada dan petugas operasional di 42 lokasi pelabuhan.
“Kami sudah mempersiapkan 89 unit kapal tunda, 69 unit kapal pandu, dan 312 petugas pandu yang akan bertugas untuk mendukung kelancaran angkutan Lebaran tahun ini,” ujar Tubagus Patrick, SVP Sekretaris Perusahaan SPJM.
Selain armada, kesiapan petugas operasional juga menjadi fokus utama SPJM. Petugas seperti pandu, operator radio, dan planner akan bekerja dengan sistem jaga shift, sehingga tidak ada petugas yang melaksanakan cuti selama periode liburan Lebaran. SPJM juga berkomitmen untuk menjaga kesehatan fisik dan psikologis petugas agar tetap fokus, waspada, dan dapat memberikan pelayanan terbaik.
Untuk mendukung kelancaran operasional, SPJM menjamin kesiapan armada sarana bantu pemanduan, seperti kapal tunda, kapal pandu, kapal kepil, serta prasarana pemanduan lainnya. Selain itu, untuk mengantisipasi cuaca buruk, SPJM berkoordinasi dengan Kantor KSOP dan pihak terkait lainnya untuk memastikan keselamatan operasional kapal.
“Kami juga telah melakukan digitalisasi pelayanan melalui aplikasi Phinnisi yang terintegrasi dengan Inaportnet. Aplikasi ini memudahkan pengguna jasa untuk mengakses layanan kapan saja dan di mana saja,” tambah Patrick.
SPJM juga memastikan adanya layanan call center 24/7 yang dapat dihubungi di nomor 081153507878, di mana pengguna jasa dapat menyampaikan keluhan atau saran terkait pelayanan yang mereka terima.
“Komitmen kami adalah memberikan pelayanan pemanduan dan penundaan kapal secara maksimal 24/7 dengan target zero accident, zero complaint, dan zero waiting time, serta mengutamakan standar Keamanan, Keselamatan, Kesehatan, dan Lingkungan Hidup (K3L),” pungkas Patrick.
Dengan persiapan yang matang ini, SPJM berharap dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jasa, baik penumpang maupun pemilik barang, selama libur Lebaran 2025.(erlita)